Saturday, September 20, 2014

Artikel ini membahas tentang Pengertian Teater Secara Umum. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian Teater Secara Umum


Pernahkan kalian pergi ke teater ? Apa yang dimaksud dengan teater ?
Kata “teater” berasal dari kata "theatron" (bahasa Yunani kuno) yang dalam bahasa Inggris disebut seeing place, sedangkan dalam bahasa Indonesia berarti “tempat untuk menonton”. Tapi pada perkembangan selanjutnya kata teater digunakan untuk menyebut nama aliran dalam teater (teater Klasik, teater Ekspresionis, teater Romantik,  teater Realis, teater Absurd, dst).

Pengertian Teater Secara UmumKata teater juga sering dipakai untuk nama kelompok (Bengkel Teater, teater Koma, teater Mandiri, teater Tanah Air, dan lain-lain). Pada akhirnya berbagai bentuk pertunjukan (drama, tari, musical) disebut sebagai teater. eorang sutradara dan professor di Universitas New York (NYU) bernama Richard schechner memperluas batasan teater sedemikian rupa, sehingga segala macam upacara, bahkan termasuk upacara penaikan bendera, bisa dimasukkan sebagai peristiwa teater. Bahkan Peter Brook melalui bukunya “Empty Spece” berpendapat lebih ekstrem lagi tentang teater, bahwa; “sebuah panggung kosong, lalu ada orang lewat”, itu merupakan sebuah teater. Berbagai pendapat di atas melukiskan betapa luasnya pengertian teater.

Sumber : S.C. Bangun dkk. Buku Seni Budaya SMK/MA/SMA/MAK Kelas IX Semester I Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014 




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.