Saturday, September 20, 2014

Artikel ini membahas tentang Teater Zaman Renaisance Di Ingggris dan Perancis. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Teater Zaman Renaisance Di Ingggris dan Perancis

Teater Zaman Renaisance Di Ingggris (th. 1500 M – th.1700 M)


Kejayaan teater di zaman Yunani kuno lahir kembali di zaman Renaissance di Inggris. Disana muncul dramawan-dramawan besar seperti yang paling terkenal hingga sekarang adalah Williams yang lahir pada tahun 1564 dan wafat pada tahun 1616). Beberapa karyanya diterjemahkan oleh Trisno Sumardjo, di antaranya; Romeo & Juliet, Hamlet, Prahara, Machbeth, dll.


Teater Zaman Renaisance Di Perancins (th. 1500 M – th.1700 M)


Teater Zaman Renaisance Di Ingggris dan Perancis
Williams Shakespeare
Bangsa Perancis juga tidak ketinggalan, mereka mengambil hikmah dari kejayaan teater Yunani kuno. Mereka menamakannya sebagai “neo klasik” yang berarti klasik baru. Di mana mereka kemudian memberi jiwa baru kepada gaya klasik Yunani kuno. Yaitu gaya yang lebih halus, anggun dan mewah. Di zaman itu muncullah Moliere yang lahir pada tahun 1622 M dan wafat pada tahun 1673 M.

Sebagaimana Williams Shakespeare, Moliere juga mengarang dan mementaskan hasil karyanya sendiri, sekaligus menjadi pemeran utamanya. Beberapa karya Moliere juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, di antaranya: Dokter Gadungan, Si Bakhil, Akal Bulus Scapin, dan lain-lain.


Sumber : S.C. Bangun dkk. Buku Seni Budaya SMK/MA/SMA/MAK Kelas IX Semester I Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.