Saturday, September 20, 2014

Artikel ini membahas tentang Sejarah dan Perkembangan Teater Dunia. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Sejarah dan Perkembangan Teater Dunia

Teater yang kita kenal sekarang ini sebenarnya berasal dari zaman Yunani purba. Pengetahuan kita tentang masalah teater dapat dikaji melalui peninggalan arkeologi serta catatan-catatan sejarah pada zaman Yunani purba yang berasal dari lukisan dinding, artefak, dekorasi, maupun hieroglif. Dari peninggalan-peninggalan itu tergambar adegan perburuan, siklus hidup, perubahan musim, dan cerita tentang persembahan kepada para dewa. Sekitar tahun 600 SM, bangsa Yunani purba melangsungkan upacara-upacara agama, mereka mengadakan festival tari dan nyanyi untuk menghormati dewa Dionysius yakni dewa anggur dan kesuburan. Kemudian mereka jnuga menyelenggarakan sayembara drama untuk menghormati dewa Dionysius itu.

Menurut berita tertua, sayembara eperti itu diadakan pada tahun 534 SM di Athena. Orang yang pertama kali menjadi pemenangnya bernama Thespis, seorang aktor dan pengarang tragedi. Nama Thespis tetap hidup dan dilegendakan oleh bangsa Yunani, sehingga sampai sekarang orang Yunani menyebut aktor sebagai Thespian.

Sumber : S.C. Bangun dkk. Buku Seni Budaya SMK/MA/SMA/MAK Kelas IX Semester I Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014 




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.