Saturday, September 20, 2014

Gerak Tari Beksa Panah dan Gerak Alung dalam Tari Kandangan

Gerak tari memanah dalam tari Beksa Panah berasal dari Kalimantan Selatan. Gerak tari memanah ini memiliki kesamaan antara gerak dalam tari dengan gerak yang sebenarnya, atau dengan kata lain gerak memanah pada tari Beksa Panah meniru dari gerak memanah yang sebenarnya. Dengan demikian maka gerak ini memiliki simbol gerak yang bermakna.

Selanjutnya coba lihat dan amati gerak di bawah ini. Bagaimana caranya gerak itu dilakukan. Apakah gerak itu mempunyai kemiripan dengan gerak sehari-hari. Apakah gerak ini punya arti? Bagaimana kesan kalian melihat sebuah selendang yang melayang.
Gerak Alung dalam Tari Kandangan

Gerak alung soder dalam tari Kandagan

Gerak ini bernama alung soder yang dilakukan dalam tari Kandagan dari Jawa Barat. Alung soder pada tari Kandagan adalah ciri khas pada tari Kandangan yang dilakukan untuk keperluan estetis tari dan tidak terkait dengan gerak sehari-hari. Dengan demikian, mkan sebagaiaka gerak alung soder dapat dikata gerak murni.

Sumber : S.C. Bangun dkk. Buku Seni Budaya SMK/MA/SMA/MAK Kelas IX Semester I Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.