Saturday, September 20, 2014

Artikel ini membahas tentang Pengertian Drama Secara Umum. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian Drama Secara Umum

Pernahkah kalian menonton sebuah pementasan drama ? Apa pengertian drama secara umum ?
Kata “drama”, berasal dari kata draomai (bahasa  Yunani) yang artinya berbuat, berlaku atau beraksi. Drama dalam bahasa Belanda disebut toneel, yang kemudian diterjemahkan sebagai sandiwara. Sandiwara merupakan gabungan dari dua kata Jawa, sandi (rahasia) dan wara/warah (pengajaran). Menurut Ki Hadjar Dewantara, sandiwara adalah pengajaran yang dilakukan dengan rahasia atau perlambang.

Menurut moulton, drama adalah "life presented in action" yang berarti “hidup yang dilukiskan dengan gerak". Menurut Ferdinand Verhagen: drama haruslah merupakan kehendak manusia dengan aksi. Sedangkan menurut Baltazar Verhagen: drama adalah kesenian yang melukiskan sikap manusia dengan gerak.

Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan, bahwa pengertian drama secara umum lebih mengacu kepada naskah lakon, yang melukiskan konflik kehidupan manusia dalam bentuk dialog, yang dipresentasikan lewat tontonan dengan menggunakan percakapan dan aksi (action) di hadapan penonton.

Sumber : S.C. Bangun dkk. Buku Seni Budaya SMK/MA/SMA/MAK Kelas IX Semester I Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2014 




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.