Tuesday, November 15, 2016

Artikel ini membahas tentang Nilai Estetis Dalam Kritik Tari. Semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Nilai Estetis Dalam Kritik Tari


Pernahkah kalian menilai sebuah karya seni? Apakah tujuan dari menilai sebuah karya seni? Nilai estetis dalam karya seni tari adalah hal yang sangat penting, dari nilai estetis sebuah karya seni seorang penonton dapat menikmati hal yang sulit diartikan dan memberikan kesenangan untuk penikmatnya. Tarian yang termasuk dalam kelompok pertunjukan adalah tarian yang ditata secara khusus untuk dapat dinikmati nilai artistiknya. Nilai estetis dalam karya seni tari tidak hanya dilihat dari gerak tari itu sendiri melainkan dilihat dari bermacam-macam aspek seni yang lain sebagai unsur pendukungnya.

Pemahaman dari seorang kritikus seni nilai estetis sangat dipengaruhi dari kepekaan rasa bagaimana penari dapat membawakan tarian dengan penuh penghayatan atau penjiwaan. Seorang penari dapat terlihat menarik sebab kostum yang digunakan menarik, mempunyai teknik menari baik, mempunyai penapilan pribadi yang mengesankan, memilliki kepekaan baik dalam ritme dan musik keberhasilan koreografi yang tepat dan bisa menggugah emosi baik pada penari atau bagi penonton.

Kepekaan estetis dapat diajarkan kepada murid dan penari melalui praktek tari atau saat mengoreksi gerakan yang dilakukan siswa atau penari. Seorang guru atau penata tari mengajarkan bagaimana seorang penari dapat melaksanakan gerak dengan baik dengan penuh penjiwaan, saling mengisi dengan iringan musik. Bagaimana menari sambil menghayati dialog dan iringan musik yang disertai adanya nyanyian dari seorang sinden atau vokalis. Bagaimana memilih bentuk dan warna kostum yang cocok dengan tarian itu, merias wajah, property tari yang digunakan dan sebagainya.

Dari kemampuan itu seorang tari dapat memberikan saran kepada atau kritikan kepada siswanya. Dengan begitu seorang murid juga dapat mempunyai bekal untuk dapat memberikan penilaian terhadat karya seni orang lain.
Nilai Estetis Dalam Kritik Tari
Tari Kotebang dari Betawi, mempunyai keunikan pada gerak yang diambil dari gerak silat

Setelah mempelajari nilai estetis pada kritik tari, tontonlah sebuah karya seni tari tradisional, cermati tarian itu dan utarakan pendapatmu tentang nilai estetis yang terdapat dalam karya seni tari itu? Diskusikan dengan teman sebangkumu!



Sumber : Seni Budaya Kelas X / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014




1 comment:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan, Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita semua, cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya, Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet KLIK DISINI DUNIA GHAIB

    ReplyDelete