Thursday, December 11, 2014

Pengertian Lukisan


Hampir setiap hari kita melihat lukisan baik yang tercetak di buku, terlihat di layar monitor, atau tergantung di dinding. Apa pengertian lukisan ?
Lukisan merupakan sebuah karya seni yang dibuat dengan cara memulaskan cat menggunakan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain, pemulasan cat dengan berbagai warna dan nuansa gradasi warna, dengan kedalaman warna yang tertentu dan juga komposisi warna tertentu dari bahan warna pigmen warna dalam pelarut dan gen pengikat untuk pengencer air. Gen pengikat dapat berupa minyak linen untuk cat minyak dengan pengencer terpenthin pada permukaan datar seperti kertas, kanvas atau dinding. Hal ini dilakukan oleh seorang seniman pelukis dengan kedalaman warna dan dibarengi oleh cita rasa pelukis, definisi ini dapat digunakan terutama jika ia merupakan pencipta dari suatu karya lukis.

Pengertian LukisanJika dilihat dari sejarahnya, lukisan-lukisan tertua ditemukan di Chauvet Grotte (Perancis), oleh beberapa sejarawan, lukisan tersebut diklaim berasal dari sekitar 32 ribu tahun yang lalu. Lukisan di Chauvet Grotte tersebut diukir dan dicat menggunakan oker merah dan pigmen hitam dan menampakan gambar beberapa jenis hewan seperti kuda, badak, singa, kerbau, selain itu juga memperlihatkan sosok raksasa, desain abstrak dan sejenis sosok manusia mungkin bersifat parsial. Akan tetapi, bukti paling awal penciptaan karya lukisan telah ditemukan juga di dua tempat penampungan batu di Arnhem Land (Australia utara). Pada lapisan terendah material tempat ini tidak digunakan potongan oker yang diperkirakan berasal dari 60 ribu tahun yang lalu. Para arkeolog juga telah menemukan sebuah fragmen dari lukisan batu yang diawetkan dalam batu kapur tempat penampungan di wilayah Kimberley Utara (Australia Barat), diperkirakan 40 ribu tahun yang lalu. Ada contoh lukisan gua di seluruh dunia-di India , Perancis, Spanyol, Portugal, Cina, Australia, dll

Dalam budaya Barat, lukisan dengan cat minyak dan cat air memiliki tradisi kaya dan kompleks dalam gaya dan subjek. Adapun dalam budaya Timur, tinta dan warna historis didominasi oleh pilihan media dengan tradisi yang juga sama-sama kaya dan kompleks.

Dengan berkembangnya teknologi, penemuan fotografi juga memiliki dampak besar pada lukisan. foto pertama diproduksi pada 1829. Dari pertengahan hingga akhir abad ke-19, proses fotografi ditingkatkan. Lukisan mulai banyak kehilangan tujuan historisnya untuk memberikan catatan yang tepat dan akurat dari dunia yang dapat diamati. Ada yang memulai serangkaian gerakan seni pada abad ke-20 di mana pandangan Renaissance dunia itu terus terkikis, melalui Impresionisme, Post Impresionisme, Fauvisme, Ekspresionisme, Kubisme dan Dadaism. Adapun Lukisan Timur dan Afrika, tidak mengalami transformasi setara pada saat yang sama.

Seni Modern dan Kontemporer telah menjauh dari nilai-nilai sejarah, hal ini membuat beberapa orang mengatakan bahwa pada 1960, lukisan sebagai bentuk seni, sudah musnah. Tapi hal ini tidak menghalangi semangat sebagian besar pelukis yang hidup, mereka terus berlatih untuk menghasilkan lukisan baik secara keseluruhan atau sebagian dari pekerjaan mereka sebagai pelukis. Vitalitas dan fleksibilitas lukisan di abad 21 dapat membantah pernyataan prematur dari kehancurannya. Dalam zaman yang ditandai gagasan pluralisme, tidak ada konsensus tentang gaya perwakilan zaman. Karya-karya penting seni terus dihasilkan dalam berbagai macam gaya dan temperamen estetika.

1 comment:

  1. Thx atas informasinya gan, sangat bermanfaat banget , salam kenal :D

    http://www.wardanashop.com/

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.